Inilah 3 Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu Paling Lengkap dan Akurat

Posted on

Aksi kecurangan dan kejahatan yang dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab kini semakin merajalela di pasar smartphone Indonesia. Pasalnya, tak sedikit para calon pembeli HP Samsung yang merasa dirugikan, setelah mereka tertipu dengan HP Samsung yang dibelinya ternyata palsu.

Kejadian seperti diatas memang cukup sering terjadi, karena seperti yang dapat kita ketahui bahwa kepopuleran Samsung diindustri gadget tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, Samsung sangat eksis dan sering menghadirkan berbagai produk smartphone terbaru dengan kualitas terbaik, sehingga banyak masyarakat yang sangat tertarik dengan HP Samsung. Hal inilah yang membuat banyak oknum tergiur menjual HP Samsung palsu untuk mengeruk keuntungan sebanyak mungkin.

Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu

Agar kejadian diatas terjadi pada diri Anda, tentu Anda harus lebih jeli dalam membeli HP Samsung. Cara paling aman untuk mendapatkan HP Samsung asli adalah dengan cara membeli di gerai dan toko resmi Samsung. Namun, jika ditempat Anda sulit untuk menemukan toko resmi Samsung, mungkin 3 cara membedakan Samsung asli dan palsu yang bakal ponseler.com bagikan dibawah dibawah ini wajib Anda simak.

3 Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu Yang Akurat

1. Cara Membedakan Samsung Asli dan Supercopy Dengan IMEI
Cara pertama untuk cek keaslian HP Samsung adalah dengan melihat nomor IMEI. Caranya adalah dengan mengetahui terlebih dahulu no IMEI pada HP Samsung Anda, kemudian silahkan masukkan no IMEI Samsung tersebut ke website resmi Samsung, setelah itu akan muncul pemberitahuan, apakah HP Samsung Anda asli atau tidak.

Adapun untuk mengetahui nomor IMEI Samsung terbilang sangat mudah, seperti yang bisa Anda simak melalui cara cek IMEI Samung dibawah ini.

– Dengan Menu Dial Number
Cara mengetahui no IMEI HP Samsung dengan menu dial number tidaklah ribet, karena Anda hanya perlu menekan tombol *#06# di layar HP Samsung Anda. Setelah itu, maka akan muncul no IME yang terdiri dari 15 angka.

Baca Juga:  4 Cara Akurat Membedakan iPhone Asli dan Palsu Paling Mudah dan Terbukti

– Lihat di Menu About Phone
Cara kedua jika Anda ingin mengetahui no IMEI HP Samsung adalah dengan melihat di menu About. Caranya, silahkan masuk pada menu Setting, lalu pilih menu About, lalu pilih menu Status. Setelah itu, akan muncul mengenai info detail Samsung, diantaranya no IMEI Samsung.

– Lihat di Kardus Box
Coba buka kardus box Samsung Anda, maka seharusnya akan tertera no IMEI HP Samsung Anda.

– Cek di Bagian Dalam Samsung
Cara terakhir untuk mengetahui no IMEI HP Samsung adalah dengan membuka bagian dalam HP Samsung Anda. Biasanya, no IMEI HP Samsung akan terlihat di didekat baterai.

Selain bisa digunakan untuk mengecek keaslian HP Samsung, dengan memperhatikan no IMEI di angka ke 7 dan 8, Anda juga bisa mengetahui kualitas HP Samsung Anda. Untuk standar angka kualitanya sendiri adalah sebagai berikut:

No Kualitas HP Samsung Anda

2. Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu Dengan Kode Rahasia
Tahukah Anda jika Samsung sebenarnya telah menghadirkan berbagai kode rahasia pada setiap produk HP-nya? Dimana, kode rahasia Samsung memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan, seperti untuk general test mode, cek service mode, test mode bluetooth, test mode Wifi, dan fungsi yang lainnya.

Selain memiliki fungsi khusus, dengan kode rahasia Samsung Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mencegek keaslian Samsung. Tentu, cara cek keaslian HP Samsung dengan kode rahasia terbilang sangat mudah. Anda hanya cukup menekan kode rahasia Samsung di layar HP Anda, jika merespon maka kemungkinan HP Samsung Anda asli. Sebaliknya, jika HP Samsung Anda tidak merespon sama sekali, maka bisa jadi HP Samsung Anda supercopy, atau palsu.

Baca Juga:  Inilah Cara Screenshot Oppo F7 Paling Canggih dan Terbaru

Adapun untuk mengetahui kode rahasia Samsung, silahkan Anda lihat tabel gambar dibawah ini.

Kode Rahasia Samsung

3. Cara Membedakan Samsung Asli Atau Palsu Dari Kondisi Fisiknya

– Tulisan Samsung
Coba cek tulisan Samsung yang berada dibagian atas layar. Jika tulisan Samsung terasa halus dan tidak timbul saat disentuh, maka kemungkinkan HP Samsung Anda asli, namun jika terasa kasar dan timbul, maka bisa jadi HP Samsung Anda palsu.

– Tombol HP Samsung
Untuk mengetahui HP Samsung asli atau palsu dari kondisi fisik selanjutnya adalah dengan mengamati tombol pada HP Samsung Anda. Misalnya, tata letak tombol home dan volume terlihat tidak normal, seperti jaraknya berjauhan dengan layar, maka dapat dipastikan HP Samsung tersebut palsu.

– Kualitas Foto
Saat Anda mengabadikan foto dengan HP Samsung asli maka hasil foto yang ditawarkan terbilang lebih bagus dan cerah. Selain itu, ukuran hasil jepretan foto HP Samsung asli juga terbilang cukup besar. Misalnya, jika menggunakan kamera Samsung dengan resolusi 13 MP, maka hasil foto biasanya berukuran 2-3 MB. Berbeda, dengan kualitas foto HP Samsung palsu, kualitas gambar yang dihasilkan kurang bagus, serta ukuran fotonya juga cukup kecil, dikisaran 500 kb.

Informasi seputar 3 cara membedakan Samsung asli dan palsu dengan lengkap dan akurat sudah kami bagikan kepada Anda semua. Tentu, Anda bisa memilih salah satu cara diatas untuk mengecek keaslian HP Samsung Anda, atau Anda juga bisa mencoba beberapa cara sekaligus untuk meyakinkan Anda bahwa HP Samsung tersebut asli bukan palsu.